Center for Innovation in Primary Education (CIPE)
Dinamika pendidikan bergulir begitu cepat seiring dengan berjalan waktu. Perkembangan ipteks situasi ekonomi, budaya, perkembangan kajian psikologis yang langsung bersentuhan dengan dinamika pendidikan. Gerakan global yang disebut SDGS pada point ke 4 mengamanahkan untuk peningkatan proses pendidikan yang bermutu. Perkembangan dunia pendidikan yang dituntut untuk cepat berubah seperti adanya pandemic covid 19 memaksa untuk segera beradaptasi dengan keadaan. Di Era 4.0 inovasi adalah sebuah keniscayaan begitu pula dengan pendidikan khususnya pengelolaan pendidikan dasar, dinamika sosial dan psikologis memaksa pembelajaran terus beradaptasi dengan perkembangan jaman. Center for Innovation in Primary Education hadir untuk menjawab perubahan dan adaptasi yang saat ini menjadi kewajiban yang harus dihadapi dengan berfokus pada kajian pendidikan dasar dan inovasi pembelajaran berbasis Multiple Intelligence. Potensi besar dengan adanya pusat studi ini adalah dimana kajian multiple intelligence di tingkat sekolah dasar saat ini sangat diperlukan sesuai dengan perkembangan psikologis anak dan perkembangan pendidikan di era 4.0. Pusat studi Elementary School akan menjawab tantangan ke SD an bersinergi dengan stakeholder yang secara langsung bersentuhan dengan lembaga pendidikan, pemerintah, swasta, praktisi pendidikan dan lembaga swadaya masyarakat. Posisi Center for Innovation in Primary Education di level nasional adalah belum adanya pusat studi sejenis yang muncul. Dari pemetaan yang ada adalah Pusat kajian dari Universitas Negeri Yogyakarta dengan ruang lingkup kajian Kreativitas, Literasi dan pembelajaran Sepanjang Hayat. Hal ini menunjukan adanya potensi perkembangan yang menjanjikan jika Center for Innovation in Primary Education dikelola dengan sistem penjaminan mutu yang baik. Potensi selanjutny adalah adanya sambutan positif dari Asosiasi Himpunan Dosen PGSD Indonesia dan Asosiasi PGSD Perguran Tinggi Muhammadiyah yang telah memberikan kesediaan untuk berkerjasama jika Center for Innovation in Primary Education telah dibentuk komunikasi non formal dan akan dilanjutkan dengan rekomendasi ke prodi lain jika memerlukan.
